Selasa, 28 Januari 2020

Pertama Kali Mengikuti Lelang di Balai Lelang Mobil? Simak 5 Strateginya!





Anda berniat membeli mobil bekas di balai lelang mobil, namun ini adalah kali pertama Anda mengikuti lelang? Membeli mobil di balai lelang mobil memang menjadi alternatif saat ingin membeli mobil dengan budget yang sedikit. Anda tak perlu bingung bagaimana strategi jitu mengikuti lelang, karena kali ini kita akan membahas strategi yang perlu Anda lakukan saat pertama kali mengikuti lelang mobil. 

1.    Pelajari Dulu Mekanismenya

Ini adalah kali pertama Anda mengikuti lelang, tentu saja hal paling awal yang wajib Anda lakukan adalah mempelajari bagaimana mekanisme lelang di balai lelang mobil tersebut. Karena umumnya balai lelang memiliki berbagai mekanisme lelang yang patut Anda ketahui sebelum Anda mendaftar untuk menjadi peserta lelang. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari terlebih dahulu mekanisme lelang seperti tata cara lelang, prosedur lelang, peraturan yang harus dipatuhi, dokumen apa yang harus dilengkapi saat pendaftaran, bagaimana proses lelang, dan seluruh rincian mekanisme dari awal hingga akhir lelang.

2.    Gali Informasi Sebanyak Mungkin

Setelah Anda mempelajari mekanisme lelang, langkah selanjutnya adalah menggali informasi terkait mobil apa saja yang akan dilelang. Anda dapat mengetahui daftar mobil yang akan dilelang melalui website resmi dari balai lelang mobil tersebut. Setelah Anda melihat-lihat daftar mobil yang akan dilelang, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada lebih dari satu mobil, dengan maksud jika nanti saat lelang ternyata Anda belum berhasil mendapatkan mobil pertama, maka Anda dapat beralih ke mobil kedua dan selanjutnya. Buatlah daftar mobil incaran Anda berdasarkan dari mobil yang paling Anda inginkan berada di peringkat paling atas. 

3.    Ajak Teman yang Mengerti Mobil

Hal penting yang harus Anda lakukan sebelum hari lelang tiba adalah mengikuti acara open house yang dilaksanakan beberapa hari sebelum lelang berlangsung. Pihak balai lelang mobil umumnya menjadwalkan open house 3 hari sebelum lelang akan diadakan, dan tujuan dari open house ini adalah agar para calon pembeli dapat melihat mobil dan juga mengetahui kondisi mobil dengan jelas. Untuk itu penting bagi Anda untuk melihat dengan teliti kondisi mobil baik bagian luar maupun bagian dalam. Jika Anda tidak begitu paham dengan dunia mobil, Anda dapat mengajak teman atau kerabat yang paham dengan mobil beserta komponen-komponennya. Agar nantinya Anda tidak menjatuhkan pilihan pada mobil yang salah. 

4.    Menetapkan Anggaran

Sebelum acara lelang berlangsung, ada baiknya Anda melakukan survey harga pasar mobil incaran Anda. Sehingga nanti pada saat lelang berlangsung, Anda sudah menetapkan budget dan tidak menawar mobil incaran Anda diatas harga pasar. Tentu saja salah satu faktor Anda memilih membeli mobil bekas di balai lelang mobil adalah ingin mendapatkan harga yang miring, untuk itu jangan sampai Anda menawar berlebihan dan jatuhnya malah overprice dari harga pasaran. 

5.    Periksa Dokumen Mobil

Tak hanya kondisi mobilnya saja yang bagus, mobil dengan dokumen serta surat-surat yang lengkap merupakan hal penting yang tak boleh Anda abaikan. Anda perlu mengecek kelengkapan dokumen dan surat-surat mobil, seperti BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, serta faktur mobil. Kendaraan dengan dokumen yang lengkap tentu dapat meyakinkan Anda bahwa kendaraan tersebut “aman” dan dapat terjamin kelegalannya. Pasalnya, tak sedikit yang menjual kendaraan dengan dokumen yang tak lengkap sehingga membuat ragu para calon pembelinya. 

Itulah 5 strategi yang dapat Anda lakukan saat pertama kali mengikuti lelang di balai lelang mobil. Semoga tips tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda.


EmoticonEmoticon